Selasa, 02 April 2019

Pengertian Anaconda, dan cara Installasi anaconda di PC 64 bit


Apa itu Anaconda?


Anaconda adalah perangkat lunak
Anaconda adalah distribusi bebas dan sumber terbuka dari bahasa pemrograman Python dan R untuk komputasi ilmiah, yang bertujuan untuk menyederhanakan manajemen dan penyebaran paket. Versi paket dikelola oleh konda sistem manajemen paket. Distribusi Anaconda digunakan oleh lebih dari 12 juta pengguna dan mencakup lebih dari 1400 paket sains data populer yang cocok untuk Windows, Linux, dan MacOS.

Distribusi Anaconda
Distribusi anaconda adalah pengelola paket, pengelola lingkungan dan distribusi Python gratis lalu mudah dipasang dengan koleksi 1.000+ paket sumber terbuka dengan dukungan komunitas gratis. Anaconda adalah platform-agnostik, sehingga kita dapat menggunakannya  di Windows, macOS ataupun Linux.

Fungsi anaconda
Adalah untuk mengelola dan menafsirkan data besar dengan lebih baik. Atau portal desktop ke data sains (Data Science)

Anaconda Navigator
Apa itu Anaconda Navigator? Anaconda Navigator adalah antarmuka pengguna grafis desktop (GUI) yang termasuk dalam distribusi Anaconda® yang memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi dan mengelola paket conda, lingkungan, dan saluran dengan mudah tanpa menggunakan perintah baris perintah. Navigator dapat mencari paket di Anaconda Cloud atau di Anaconda Repository lokal. Ini tersedia untuk Windows, macOS dan Linux.

Tutorial install anaconda
Petama pilih versi anaconda untuk di setiap pc yang akan di install, liat sesuai pc, apakah pc itu 32 bit atau 64 bit. Seperti gambar di bawah ini:


Lalu setelah sudah memilih 64 bit atau 32 bit, tunggu installer hingga 100%.


Lalu setelah 100% akan muncul halaman awal seperti gambar dibawah ini, pilih next.


Lalu setelah sudah meng klik next, baca lisensi persetujuan aplikasi terlebih dahulu, setelah sudah setuju pilih “I Aggre”.


Setelah sudah memilih menyetujui lisensi, selanjutnya akan masuk ke tahap instal type, disini saya memilih just me, lalu next.


Setelah next, selanjutnya akan masuk ke penempatan lokasi aplikasi, dan harus mempunyai sisa memori sebanyak 2.6GB lalu klik next.


Lalu selanjutnya akan masuk ke advance installation, disini direkomendasikan untuk memilih anaconda default python 2.7, lalu pilih install.


Setelah di intsal akan masuk ke mode install, tunggu sejenak sampai install selesai.


Jika proses install sudah selesai, pilih next.


Selanjutnya akan masuk ke tahap penawaran install aplikasi microsoft VSCode, tapi kita bisa klik skip saja.


Setelah skip, maka anaconda sudah ter install di laptop anda, lalu pilih finish.



Lalu pastikan anaconda sudah terinstall, buka aplikasi anaconda navigator.





Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar